gundam seed

ehm-ehm... tadaa... pengen cerita apa,ya kali ini? mmh... let see... ehm..mmhh... o,ya sekarang aku lagi suka denger lagu2 theme song gundam seed. Theme song2 nya top abiez hampir semua lagunya enak didenger+liriknya bagus2. btw, tahu gak gundam seed? yup betul gundam seed adalah salah satu serial gundam, ya ceritanya gak jauh2 dari mecha2 gituh deh... (meca? capa,ya? iiwh....). Mecha itu anime2 tentang robot.CMIIW, tahu deh lupa lagi.
well, dulu2 seh gak terlalu ngefans sama gundam.Ya karena gak ngerti ceritanya, tapi pas nonton gundam seed ini sejak dari eps 1 sampe no terakhir jadi fans berat deh. sampe2 pengen beli modelnya. Tapi mak harganya gak kuku... maklum masih mahasiswa huh... he he he(sampe segitunya si sugar ngefans sama gundam seed.. inget umur gar). Bocoran juga, nonton anime ini sampe bbrp kali mencucurkan air mata.. hiks hiks hiks.. (cengeng amir gar :D) ya soalnya melankolis mode on seh nontonnya. phewh... kok bisa sampe nangis seh? kan cuman anime? iya juga seh aku juga gak ngerti cuman kalo aku nonton anime biasanya suka tenggelam... uhuk uhuk uhuk...
btw, gundam itu ceritanya gimana seh, sampe bisa bikin sugar nangis? apanya seh yang bikin terharu... jadi gini ceritanyanya :

once upon a times, kloning terhadap manusia itu berhasil.Singkat cerita ada tercipta ras manusia baru hasil kloning.Manusia2 hasil kloning ini standardnya seh lebih superior dalam banyak hal dibandingkan manusia normal.Contohnya dalam hal kepintaran, olahraga, musik, dan lain2(ungkapan untuk ketidakmampuan menampilkan contoh lainnya). entah bagaimana ceritanya, yang jelas ada satu manusia hasil kloning yang melakukan ekpslorsi ke luar angkasa, dan kemudian menciptakan koloni baru diluar angkasa. Nah kemudian dia balik ke bumi dan mulai membuka rahasia kalo dia itu hasil kloning (sebelumnya orang2 belom tahu ada manusia hasil kloning). Dan tiba2 dunia menjadi chaos karena identitas manusia hasil kloning lainnya terbongkar(orang2 yang dianggap lebih superior diselidiki dan ketahuan kalo itu hasil kloning). Dan kemudian orang2 yang merupakan hasil kloning(koordinator) itu diburu, dibunuh dan dimusnahkan untuk melindungi 'kepunahan' manusia normal (manusia normal merasa inferior pada koordinator). Koordinator tidak tinggal diam, meskipun jumlahnya sedikit tetapi karena menguasai technology maka perlawanan koordinator cukup berarti....

nah segitu reviewnya... so bagian mana yang bikin sugar terharu? hee.. blom diceritakan. Adalah kira yamato, koordinator yang 'membelot' ke bumi dan menjadi pilot dari gundam strike. Tujuan kira membantu bumi adalah untuk melindungi teman2nya yang bukan koordinator. in the otherhan, adalah asuran zara,sahabat kira(pilot gundam aegis) yang berperang di pihak koordinator. Nah ini bagian yang bikin terharu, 2 orang sahabat bertarung. Di satu pihak, kira bertarung untuk melindungi teman2nya, disatu pihak asuran perang untuk ZAFT (militer koordinator). ada dialog yang menarik antara mereka berdua :

asuran : kenapa engkau berperang demi bumi, padahal kamu seorang koordinator?
kira : aku bukan berperang demi bumi, tetapi untuk melindungi teman2ku. Dan kau sendiri kenapa berperang, bukankah kita telah berjanji untuk tidak ikut berperang (kira dan asuran waktu kecil berjanji untuk tidak ikut dalam perang itu)
asuran : mereka yang memulai, mereka menghancurkan koloni kami dan membunuh ibuku...

pokoknya menyedihkan deh, 2 orang yang asalnya bersahabat, kemudian harus bertarung satu sama lainnya(padahal deep inside mereka, mereka gak mau berperang sama sekali tapi karena terpaksa mereka melakukannya juga) nah ini bagian yang membuat dadaku sesak, dan awan mendung menggelayut di pelupuk mata. hiks hiks hiks... kenapa harus ada perang? terus moral cerita ini bagus banget, mengajarkan betapa sangat tidak menyenangkannya sebuah peperangan. sangat mudah memulai suatu perang, tetapi sangat sulit untuk mengakhirinya... Tapi tentu saja, bukan berarti juga mengajarkan untuk menjadi seorang pengecut as kira said :
"honto wa.. tatakaitakunanka naikedo, tatakawanakya mamorenai mono mo arukara" sesungguhnya aku tak ingin berperang, tapi ada hal2 yang tak bisa aku lindungi jika tidak berperang

aku dapet pelajaran menarik deh dari anime ini, perang memang sesuatu yang harus sedapat mungkin dihindari, tetapi jika memang untuk melindungi sesuatu yang sangat penting meskipun itu merupakan sesuatu yang kita benci untuk melakukannya tetep harus bersabar untuk melakukannya. Intinya bukan kalo ditampar pipi kiri, kasihkan pipi kanan... but we have to fight men!

Komentar

Pos populer dari blog ini

Euis ke antosan heula...

heee.... Boros ka

Tentang dongeng