Mengupil.. pernah 'kan?


hayoo ngakuu... kamu pasti pernah mengupil'kan? setidaknya sekali dalam seumur hidup secara sembunyi2 atau terang2an. Aku yakin pasti kamu pernah melakukannya, jangan khawatir, dengan mengaku kamu pernah melakukannya setidaknya kamu terbebas dari cap pembohong, lho kok? he he he becanda2...

Bagi kamu yang suka melakukannya jangan malu, berikut ini fakta-fakta tentang mengupil dan mungkin ada tips2 khusus yang bisa kamu lakukan agar pada saat kamu mengupil kamu gak ketahuan dan gak malu2in. so here it is...

Apa seh mengupil? Mengupil menurut James W, Jefferson, M.D, dan Trent D. Thompson, MD, adalah : Memasukkan jari (atau benda lain) ke dalam hidung dengan maksud mengeluarkan sekresi hidung yang telah mengering

Fakta2 tentang mengupil
Kebiasaan mengupil ternyata telah ada sejak jaman sebelum masehi, konon katanya sudah ada sejak tahun 1350 sebelum masehi. Hal ini terbukti dengan adanya lukisan hieroglyph di piramid-piramid yang menggambarkan orang memasukan jari ke hidung. Gambar orang memasukan tangan ke hidung bukan menggambarkan orang menunjukan "ini hidung saya!" tetapi lebih menggambarkan tentang adanya kegiatan mengeluarkan kotoran yang melekat pada dinding dan bulu2 yang ada pada rongga hidung.

Menurut pengamatan Wilbur Leakey,(tidak disebutkan apa profesinya), Pada dinding-dinding piramid terdapat gambar orang mengupil yang jumlahnya sama banyak dengan gambar aktifitas keseharian lainnya. Bahkan Leakey lebih jauh menemukan bahwa salah seorang Fir'aun yang bernama Tutankhamun namanua memiliki seorang pembantu yang bertugas khusus untuk membersihkan hidungnya.

Mengupil ternyata, bukan hanya sekedar kebiasaan 'jelek' seperti anggapan kebanyakan orang sekarang ini, pada zaman dahulu mengupil (mengeluarkan kotoran dari hidung) memiliki fungsi lain yang lebih penting. Seperti ditemukan dalam manuskrip tua di india, disebutkan dalam manuskrip bahwa mengupil erat kaitannya dengan peningkatan nafsu makan.Mereka percaya kebersihan hidung dapat memperbaiki kualitas penciuman,sehingga aroma dan kelezatan makanan dapat di apresiasi dengan baik dan tentu saja hal ini akan berpengaruh pada nafsu makan.

saking 'populer'nya mengupil, bahkan filsuf tersohor semacam Aristoteles dan Archimedes pun angkat bicara tentang mengupil. Aristoteles menyinggung masalah mengupil dalam pernyataanya : "Bisa dikatakan bahwa cara mengupil dengan cara apa pun bagaimanapun bukan suatu hiburan yang lazim atau alami" sedangkan Archimedes berkomentar tentang mengupil : "Kejelekanku tidak akan digunakan untuk keuntungan orang-orang yang suka mengupil karena mereka sungguh-sungguh merupakan orang-orang yang tidak menyenangkan."

Itulah sekelumit fakta tentang mengupil, tapi jangan gembira dulu,... masih ada kisah lanjutannya. Masih minat baca? lanjut yaa...

Dalam buku The Male Body dikisahkan ada sepasang kekasih yang putus gara2 sang cewek gak tahan dengan kebiasaan cowoknya yang suka mengupil sambil mengemudi mobil. Nah, lho...

Dalam sebuah survey yang diadakan di Dane County, winsconsin amrik sono. Dari 254 responden, diketahui 90% nya melakukan praktek mengupil. Dari data itu ditarik kesimpulan bahwa mengupil merupakan praktek universal yang biasa dilakukan oleh orang dewasa.
Dari survey itu diketahui pula bahwa, Laki2 sering menganggap mengupil di tempat umum adalah sesuatu yang normal.Tempat yang biasa dijadikan tempat mengupil adalah mobil dan kantor. Dan Separuh laki-laki responden mengaku melakukannya setiap hari...

Nah itulah sekelumit fakta mengenai mengupil, nah sekarang kita bahas tips2 mengupil yang baek biar gak terlalu keliatan dan bikin malu.

Menurut Winston Caine, sang penulis buku The Male Body dia bilang bahwa gak ada literatur etika standard yang mengatur atau membahas tentang mengupil or tata cara mengupil. Tapi jika ada sesuatu dalam hidung anda yang memohon untuk dikeluarkan, seorang asisten guru besar THT di universitas Winsconsin-Madison, Thomas Pasic M.D, menyarankan hal2 berikut :
1.Hembuskan.
Anda bisa menghembuskan kotoran hidung ke selembar tissue ketimbang mengeluarkannya secara manual. Bila gagal. Gunakan saputangan dan jari kelingking Anda. Memang itu masih mengupil, tetapi lebih sopan dan tersembunyi.
2.Jangan menggosok-gosok bagian dalam hidung dengan jari.
Anda dapat melepas kotoran dan membawanya ke tepi. Menggosok-gosok hidung sangat tidak enak dilihat dan dapat mengakibatkan pendarahan hidung.
3.Gunakan spray.
Satu atau dua semprot saline ke lubang hidung dapat melepaskan kotoran hidung, sehingga dapat dihembuskan dengan mudah.
4.Lupakan mengupil.
Hidung akan secara otomatis mengolah material tanpa bantuan Anda

so... selamat mengupil... nyahahahahaha....
kredit : PR online dan Kompas Cyber Media
Image : http://www.sf-colorado.com/cartoons/images/Nose%20Fairy.gif

Komentar

Pos populer dari blog ini

Euis ke antosan heula...

heee.... Boros ka

banyak jalan menuju Blog.. bwahahaha!!!