nostalgila

kemarin iseng-iseng baca-baca lagi postingan-postingan gak penting jaman dahulu kala ketika awak masih imut-imutnya ngeblog, sekedar repleksi (pake p karena saya orang sunda asli) mengenang kembali, menelaah kembali, tulisan-tulisan saya dahulu kala dan membandingkan baku mutu tulisan-tulisan tersebut dari tahun ke tahun.

alhasil, dari repleksi itu didapat kesimpulan ternyata eh ternyata tulisan awak jaman dahulu kala lebih bermutu daripada tulisan-tulisan awak akhir2 ini. apakah hasil ini menunjukan bahwa terjadi penurunan kualitas pada diri saya? apakah hal ini menjadi semacam indikator bahwa saya menjadi tidak sekreatip dahulu kala? entahlah... tapi kenyataannya saya sendiri merasa bahwa tulisan-tulisan saya yang dahulu lebih kreatip dan bervariasi, meskipun gaya penuturan saya yang tidak berubah, selalu memakai pola "menceritakan" (narasi) dibandingkan mendeskripsikan atau yang bergaya argumentatif.

mengenai gaya/pola ngeblog saya yang lebih suka menceritakan dibandingkan berpola deskriptip atawa argumentatip, teman saya pernah protes pada saya. beliaw katakan pada saya kalo dengan gaya saya yang naratip ituh, blog saya terliha girly . so, kata beliaw meneruskan, jikalau blog saya ingin lebih banyak dibaca orang saya harus mengubah pola menceritakan menjadi pola deskriptip atawa argumentatip, itu artinya saya harus lebih mencari tema sesuatu yang bisa saya deskriptipkan ataw saya argumentatipkan instead of cerita saya sehari-hari (yang mungkin gak bermutu) sehingga blog saya bisa mean something for anyone. (itu yang saya tangkap waktu itu dari perdebatan tentang perblogan saya dengan seorang teman).

saya sendiri kemudian tidak terlalu peduli dengan kritikan teman saya tersebut dan tetap melanjutkan gaya perblogan saya yang bersipat naratip. saya tidak peduli apakah kemudian orang akan menilai blog saya terlihat girly . saya suka melihat dunia ini dengan kacamata berbeda dengan kebanyakan orang lain, dan men-share-nya. saya tidak peduli jika blog ini hanya menceritakan kisah2 pengalaman saya sehari-hari yang kadang-kadang hanya berisi curhatan semata. well, setiap orang perlu media untuk sharing dan jika blog ini menjadi media buat sharing saya dengan orang lain, so be it! i don't give a damn if they see this blog girly!

Komentar

rendy mengatakan…
kip posting :)
Indah mengatakan…
Hehehe.. bener bangets, Sugar, mending pilihlah gaya bercerita yg emang sesuai dgn kita, gimana pendapat yg baca maah urusan belakangan, huehehehe.. :P

Postingan populer dari blog ini

Euis ke antosan heula...

heee.... Boros ka

Tentang dongeng