Zard (Izumi Sakai)

Zard will be remembered as one of the defining pop acts of the '90s. Straight-ahead pop songs, positive attitude, and a refreshingly honest musical and lyrical style garnered the act multiple megahits and the adoration of a generation of pop fans for most of the decade, and contrary to most pop acts in Japan, they achieved success while skillfully avoiding frequent media appearances and the debilitating scrutiny of the public. While presently the solo project of vocalist Izumi Sakai (born Sachiko Kamachi), Zard originated as a band in 1991


ditengah era informasi seperti sekarang ini, sulit rasanya saya mempercayai masih adanya sebuah grup musik yang eksis tanpa gembar-gembor hegemoni media masa. hebat bukan?

tentu saja, bukan berarti zard tampil tanpa promosi di media masa sama sekali. ketika zard merilis album baru mereka membuat video clip dan woro-woro di media masa. tapi tidak sebanyak penyanyi/grup musik lain. bahkan sang vokalis zard, Izumi Sakai terkesan menghindari media masa. tidak percaya? coba aja cari talkshow-nya Izumi-san di utaban, music fighter etc2. kalau dapet kasih tahu,ya?!

bahkan ketika konserpun Zard hanya memberikan 600 tiket saja pada yang "beruntung" mendapatkannya. apakah zard kurang pendukung? weh jangan salah tengok saja pada tahun 1992 album yang di release oleh zard terjual sebanyak 3.3 juta copy. sesuatu yang sangat luar biasa. kemudian buku kumpulan puisi dan lirik yang direlease pada bulan juli 2005, hanya dalam tempo sebulan sudah terjual 100 ribu kopi lebih.

dan ketika anda menonton konser zard, jangan harap ada tarian or jingkrak2an. konsernya hanya menampilkan Izumi sakai yang sedang duduk kemudian menyanyi. itu saja!. tidak lebih dan tidak kurang.

zard, sebuah band yang menghindari publisitas media masa tapi telah membuktikan pada dunia bahwa tanpa hegemoni media massa mereka tetap bisa eksis.

*) satu lagi impianku : kalo Allah menakdirkan diriku ke jepang ntar, aku mo ngoleksi album Zard akh...

Komentar

Anonim mengatakan…
izumi sakai meninggal ..
arime mengatakan…
gw paling suka lagu kokoro wo hiraite

Postingan populer dari blog ini

banyak jalan menuju Blog.. bwahahaha!!!

Euis ke antosan heula...

mengekspos ketidaktahuan