apa arti sebuah nama?

pernah denger ungkapan diatas? kayaknya orang yang suka membaca tentu tidak asing dengan istilah yang dipopulerkan oleh shakespear tersebut. namun, apakah benar demikian adanya? bahwa nama tidak begitu berarti? let's see...

ketika kita lahir kedunia ini dengan selamat, kedua orang tua kita begitu bahagia. Tidak lama kemudian kitapun diberi nama. Nama yang diberikan oleh kedua orang tua kita, boleh jadi disiapkan jauh-jauh hari sebelum kelahiran kita. Dan siapapun yang memberikan nama kita (mungkin ayah, ibu, nenek atau kakek, atau mungkin kk kita (yang jelas gak mungkin adek kita)) pasti sayang sama kita, sehingga dipilihlah nama untuk kita nama yang pantas, nama yang bagus, nama indah. Bersama dengan nama itu terselip do'a dan harapan sang pembuat nama untuk kita. dengan fakta-fakta tersebut masih kah kita akan berkata, apalah arti sebuah nama?
NAMA ADALAH DO'A dan HARAPAN ORANG YANG MENCINTAI KITA (orang yang memberikan nama itu)

dan tahukah anda? nabi Adam AS diakui sebagai khalifah dimuka bumi ini setelah beliau meyakinkan para malaikat Allah SWT bahwa beliau layak jadi khalifah dimuka bumi ini, dikisahkan dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah sebagai berikut :

[2:30] Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
[2:31] Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"
[2:32] Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
[2:33] Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan ?"

see? Nabi Adam AS mengalahkan (dengan seizin Allah) para malaikat karena nama . so apakah kita akan tetap berkata "apalah arti sebuah nama"? seorang dokter jika salah memberikan nama obat untuk pasien akan berakibat fatal... and so on...

cukup ah membahas tentang namanya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Euis ke antosan heula...

heee.... Boros ka

Tentang dongeng