Tentang komitmen

Dulu, saya adalah seorang yang tidak pandai menjaga komitmen. Setiap kali saya membuat janji pada diri saya sendiri, saya sering lupa dan kemudian melanggar janji itu. Akibat dari seringnya saya melanggar komitmen2 yang telah saya buat untuk diri saya sendiri itu membuat tingkat kepercayaan diri saya terhadap diri saya sendiri menjadi turun.Dan kemudian tumbuhlah sifat gak PD, tidak percaya dengan perubahan, karena saya pikir char saya sangat sulit untuk diubah.

Alhamdulillah, itu sekarang telah menjadi masa lalu saya. Setelah ikut siaware 6 itu saya menyadari bahwa saya bisa berubah, saya mulai bisa mempercayai diri saya sendiri, kepercayaan diri saya tumbuh seiring dengan perubahan cara pandang terhadap diri saya sendiri itu. Alhamdulillah, terimakasih siaware 6.

Sebenarnya apa seh yang penting dalam sebuah perubahan?
kalau menurutku, yang penting dalam sebuah perubahan adalah komitmen. Komitmen adalah janji, kontrak yang dibuat oleh kita dan untuk kita (Ir Sri Bramantoro Abdinagoro, Republika). Mulailah berkomitmen dalam hal-hal baik terhadap diri kita, dan berusahalah untuk menjaga komitmen itu dengan sekuat tenaga. Seiring dengan berjalannya waktu, insya Allah kita bisa merasakan kepercayaan diri, dan kemudian akan timbul perasaan "ternyata saya bisa berubah".

Contohnya saya, 3-4 minggu yang lalu, hampir sebulan atau 2 bulan terakhir saya ketagihan yang namanya game. Kalau saya main game, gak tanggung2 dari jam 4 sore sampe dengan jam 6 pagi. Setelah itu tidur, bangun siang atau sore dan kemudian sorenya saya main lagi sampai pagi, begitu, begitu dan begitu sampai kira2 sebulan atau 2 bulan.

Setelah ikut siaware 6, saya mendapatkan cara pandang baru terhadap diri saya sendiri, kamudian saya mulai membuat komitmen pada diri saya sendiri. Saya berkomitmen untuk mengurangi kegiatan saya main game, dan mulai fokus sama TA. Saya main game 2 game perhari, dan alhamdulillah bisa saya jaga komitmen itu sampe minggu yang lalu.

Minggu yang lalu, dosen pembimbing saya minta untuk sidang pada akhir April ini, akhirnya saya memperketat komitmen saya, saya gak akan ngegame sampe akhir April ini. ditambah lagi saya pun mengurangi kegitatan saya terhadap hobby2 saya yang lain(nonton anime dan baca manga). Pada awalnya kelihatan sangat berat, tapi ketika dijalanin Alhamdulillah sampai saat ini komitmen saya masih terjaga.

Satu hal yang penting dalam sebuah komitmen adalah fokus. Fokuslah terhadap apa yang kamu rencanain, Nah kalo yang ini saya belum bisa. Misalnya saya sudah merencanakan hari kemarin saya merencanakan untuk mengerjakan power point untuk seminar lab untuk tugas akhir saya, ternyata pada saat saya akan mengerjakan powerpoint itu saya tidak fokus. Saya malah asik ngejunk ria di forum baru di OGRG. *dooh*, akhirnya rencana saya bikin power point gagal total.

Untuk hari ini saya sudah menambahkan dalam daftar komitmen saya : no junk today!!!, saya berharap hari ini saya bisa menyelesaikan bahan untuk presentasi hari senin depan. Mohon do'a restunya yaa.

Dan satu hal lagi, hal-hal seperti ini adalah sesuatu yang harus selalu dijaga sepanjang kita hidup. makanya, selalu ingat ini adalah sebuah pembelajaran seumur hidup. Tidak bisa sebuah komitmen itu sekarang kita dapatkan, maka selamanya kita punya. Komitmen adalah sesuatu yang harus di jaga. Always keep in mind that commitmen is long live education...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

banyak jalan menuju Blog.. bwahahaha!!!

Euis ke antosan heula...

mengekspos ketidaktahuan